Detail Cantuman Kembali
PENERAPAN SISTEM KEMITRAAN PADA PEMASARAN TOMATCHERRY (Lycopersicon esculentum Var. Cerasiforme) DI INKUBATOR USAHATANI BBPP LEMBANG
Buah tomat (Lycopersicon esculentum Mill) adalah komoditi hortikultura penting yangrnsangat dikenali masyarakat. Bentuk buahya yang bulat dengan warna merah merekahrnmenjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimilki oleh buah lainnya. Salah satu varietas tomatrnadalah tomat cherry. Tomat cherry dianggap sebagai varietas botani dari jenis tomat yangrndibudidayakan, yaitu jenis Solanum lycopersicum Cerasiforme yang pada saat iturndibudidayakan di daerah Amerika Tengah dan dianggap sebagai leluhur dari berbagai macamrntomat yang dibudidayakan rnProduksi tomat di Indonesia cukup besar, akan tetapi tomat merupakan salah saturnkomoditi hortikultura yang memiliki sifat yang sama dengan komoditi hortikultura lainnya. rnMenurut Haryanto dan Rochani (2006), salah satu permasalahan yang sangat penting padarnpemasaran produk sayuran secara umum adalah penanganan pasca panen. rnSayuran merupakan produk yang sangat mudah rusak dan membusuk dalam wakturnyang relatif singkat sehingga mutunya menurun. Kerusakan yang terjadi pada saat pascarnpanen mengakibatkan produk mengalami penurunan mutu sehingga tidak layak untuk dijualrnmaupun dikonsumsi. Tingkat kehilangan hasil pasca panen yang terjadi pada produkrnhortikultura dalam pertanian di daerah tropika sangat tinggi, baik dalam kualitas maupunrnkuantitas. Penanganan pasca panen di Indonesia yang buruk disebabkan oleh keterbatasanrnfasilitas dan kualitas sumberdaya manusia yang rendah. Kondisi ini menuntut adanya usaharnpenanganan pasca panen sayuran yang baik untuk menekan kehilangan hasil, menjagarnkualitas nutrisi yang dikandung sayuran serta menjamin keamanannya. rnKendala yang dihadapi petani tomat dalam memasarkan produk merupakan salah saturnpermasalahan serius yang dihadapi oleh para petani Indonesia. Harga tomat sempat anjlokrnkarena membludaknya pasokan dari berbagai daerah ke pasar. Tentu saja permasalahan inirnmerugikan para petani. Hal ini karena kurangnya pengetahuan para petani tentang cararnpemasaran produk pertanian yang efektif dan efisien. Salah satu cara pemasaran tomat yangrnmenguntungkan bagi petani adalah melakukan pemasaran dengan menerapkan sistemrnkemitraan. rn rnKey word : tomat, tomat cherry, sistem kemitraan
NONE
Laporan Tugas Akhir
Indonesia
2015
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SISKY YUNI FELDA BP.1201363032. (2015).PENERAPAN SISTEM KEMITRAAN PADA PEMASARAN TOMATCHERRY (Lycopersicon esculentum Var. Cerasiforme) DI INKUBATOR USAHATANI BBPP LEMBANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd