Detail Cantuman Kembali
ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L) DI JORONG PADANG LAWEH KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK
Analisis Pemasaran Bawang Merah (allium ascalinicum L) di Jorong Padang Laweh kecamatan Lembah Gumanti kabupaten Solok. Dibimbing OlehrnIr. BENNY SATRIA ACHMAD, M.P dan DRA. DARNETTI, AK. M.SirnBawang merah merupakan sayuran rempah yang meskipun bukan asli Indonesia, namun penggunaannya sebagai bumbu pelezat makanan sungguh lekat dengan lidah Indonesia. Melihat laju pertambahan penduduk yang begitu cepat sedangkan produksi bawang merah relatif tetap, maka produksi bawang merah perlu ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitas untuk mencukupi kebutuhan. Oleh karena itu diperlukan efisiensi dalam pengembangan usaha tani bawang merah baik kuantitas maupun kualitas.rnPenelitian ini digunakan untuk 1) Menganalisis efesiensi pemasaran bawang merah di Jorong Padang Laweh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, dengan indikator efesiensi pemasaran menggunakan marjin pemasaran dan farmers share. 2) Menganalisa perilaku petani dalam memasarkan bawang merah di Jorong Padang Laweh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.rnPenelitian dilakukan di Jorong Padang Laweh, kecamatan Lembah Gumanti selama 45 hari (17 Maret- 30 April 2014) Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dalam bentuk data cross section maupun time series. Data cross section bersumber dari responden penelitian yaitu petani bawang merah dan pedagang bawang merah. Sampel dalam penelitian ini adalah petani produsen bawang merah dan pedagang bawang merah yang ada diwilayah Jorong Padang Laweh.rnSaluran Pemasaran Pola I Petani bawang merah (produsen,pedagang besar pedagang pengecer Konsumen produsen menjual bawang merah kepedagang besar dengan harga Rp 15.571,-/Kg kemudian dari harga tersebut dijual lagi kepada pedagang pengecer seharga Rp 17.946,/Kg dan dari pedagang pengecer dijual kekonsumen dengan harga jual Rp 18.846,-/Kg. Saluran Pemasaran Pola II Petani bawang merah (produsen) pedagang pengecer, konsumen Produsen menjual bawang merah kepada pedagang pengecer dengan harga Rp 18.846,-/Kg pedagang pengecer menjualkan langsung kepada konsumen akhir dengan harga Rp 20.000,-/Kg. Saluran Pemasaran III Petani bawang merah (produsen) konsumen produsen menjual bawang merah kepada konsumen akhir dengan harga Rp 22.211,/Kg. Saluran pemasaran yang paling efesien dari analisis dapat diurutkan yaitu saluran III, saluran II dan I tetapi yang sering digunakan dijorong Padang Laweh kecamatan Lembah Gumanti kabupaten Solok yaitu saluran I karena petani dapat menjual dalam skala besar, jumlah produksi besar dapat menjual bawang merah dengan habis ke pedagang besar (volume penjualan besar).rnKata kunci : Analisis pemasaran, bawang merah
EPI SILPIA NBP. 1011311019 - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Indonesia
2014
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
EPI SILPIA NBP. 1011311019. (2014).ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L) DI JORONG PADANG LAWEH KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd