Detail Cantuman Kembali
STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PANGKALAN TANJUNG PATI
Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu bank yang ada di Kabupaten
Lima Puluh Kota yang berada di Jl. Raya Negara Km. 7 Sarilamak. Bank tersebut
menawarkan berbagai produk perbankan yang dilandasi hukum islam. Produk
Bank Bank Syariah Mandiri seperti tabungan BSM, tabungan simpatik, tabungan
mabrur, tabungan berencana, tabungan investasi cendikia dan lain – lain. Tujuan
penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui strategi yang digunakan Bank Syariah
Mandiri cabang Pangkalan Tanjung Pati dalam memasarkan pembiayaan pensiun
(2) Mengetahui kendala - kendala apa saja yang dihadapi oleh Bank Syariah
Mandiri cabang Pangkalan Tanjung Pati untuk memasarkan produk pembiayaan
pensiun. Penelitian dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri cabang Pangkalan
Tanjung Pati dimulai dari tanggal 20 Februari sampai 20 April 2018. Penelitian
ini menggunakan data primer dan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian yang
dilakukan yaitu : Strategi pemasaran yang dilakukan Bank Syariah Mandiri
Cabang Pangkalan Tanjung Pati yaitu menggunakan 7P (produk, harga, tempat,
promosi, orang, proses, bukti fisik). Produk yang di pasarkan yaitu pembiayaan
pensiunan. Strategi pemasaran yang di lakukan secara langsung maupun tidak
langsung. Pemasaran secara langsung dengan cara mengunjungi langsung ke
rumah nasabah, dan pemasaran secara tidak langsung dilakukan bank yaitu
dengan cara brosur, spanduk, dari mulut ke mulut dan mengikuti pameran dengan
marjin 0,6 % perbulan dengan biaya administrasi 1 % dari pembiayaan. Strategi
tempat yang dilakukan bank adalah tempat yang strategis yaitu di Jalan Raya
Negara Km 8 Sarilamak, Tanjung Pati, tempat ini strategis karena berada lebih
dekat dengan pusat kota dan merupakan jalan lintas, melakukan kerjasama dengan
Dinas Pendidikan, PT.TASPEN dan Badan Kepegawaian Daerah. Pemasaran
pensiun ini dilakukan oleh 2 orang marketing. Proses yang dilakukan bank cukup
mudah dan cepat yaitu 3 hari cair jika persyaratan lengkap. Bukti fisik yang ada
di bank ini yaitu ruangan yang nyaman dengan adanya AC, bersih, luas, seragam
dan kartu nama yang dimiliki karyawan memudahkan nasabah mengenali dan
menghubungi karyawan. Kendala yang dihadapi Bank Syariah Mandiri Cabang
Pangkalan Tanjung Pati yaitu faktor yaitu internal dan ekternal. Faktor Internal (a)
kurangnya kreatifitas bank (b) promosi melalui spanduk kurang (c) jangka waktu
yang lama. Faktor Eksternal (a) persepsi masyarakat (b) nasabah membandingkan
dengan bank lain (c) kalah saing (d) data nasabah (e) keraguan masyarakat.
Selviana Soputri
Selviana Soputri - Personal Name
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2018
Payakumbuh
25 Juli 2018
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Selviana Soputri. (2018).STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA
BANK SYARIAH MANDIRI CABANG PANGKALAN
TANJUNG PATI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd