Detail Cantuman Kembali
BAURAN PEMASARAN PRODUK CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) PADA PT. DARTA PANGAN MAJU BERSAMA
Oleh : Gentri Satria
(Di bawah bimbingan Bapak Hidayat Raflis, SP, M.Si)
RINGKASAN
PT.Darta Pangan Maju Bersama ialah perusahaan yang menyediakan
kebutuhan sayur – sayuran, buah – buahan dan bahan sembako lainnya yang
berkualitas bagi industri makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhannya.
Salah satu produk yang dipasarkan adalah cabai rawit. PT.Darta Pangan Maju
Bersama menggunakan bauran pemasaran yang dilakukan pada produk - produk
yang dipasarkan.Bauran pemasaran yang dikaji difokuskan bauran produk,
penetapan harga, distribusi dan promosi. Adapun tujuan dari penulisan Laporan
Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan bauran pemasaran
(Marketing Mix) tanaman cabai rawit pada PT. Darta Pangan Maju Bersama dan
mengetahui manfaat dari adanya bauran pemasaran produk tanaman cabe rawit
(Capsicum frutescens L.) pada PT. Darta Pangan Maju Bersama.
Laporan Tugas Akhir disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Pengalaman
Kerja Praktek Mahasiswa (PKPM) di PT. Darta Pangan Maju Bersama, pada
tanggal 19 Februari sampai dengan 27 April 2018. Metode yang digunakan untuk
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka.
Penulisan laporan tugas akhir ini mencakup analisis Marketing mix 4P (product,
price, place, and promotion) dari produk cabai rawit pada PT. Darta Pangan Maju
Bersama.
PT.Darta Pangan Maju Bersama perusahaan yang bergerak dibidang
pertanian yang memasarkan produk-produk yang berkualitas tinggi kepada
industri makanan dan minuman. PT.Darta Pangan Maju Bersama mempunyai
tujuan yaitu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Hal ini
diwujudkan dalam program kerja yaitu membeli produk-produk langsung ke
petani dengan harga diatas pedagang pengumpul dan memberikan pelatihan. Salah
satu produk dengan perjualan tertinggi ialah cabai rawit .Bauran pemasaran yang
digunakan pada PT. Darta Pangan Maju Bersama pada cabai rawit meliputi
bauran produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Bauran produk yang terdiri
dari 4 macam produk yaitu cabai rawit merah, cabai rawit merah petik, cabai rawit
hijau, dan cabai rawit hijau petik, menggunakan kemasan plastik dan apabila ada
permintaan khusus menggunakan stereofoam dan diwrapping pemberian jaminan
seperti barang dapat ditukar kembali pada pemesanan berikutnya. Pada penetapan
harga menggunakan 3 metode yaitu harga berdasarkan pesaing, margin
keuntungan dan harga pasar. Dalam memasarkan produk, saluran distribusi yang
digunakan yaitu saluran distribusi langsung Strategi promosi yang digunakan agar
produk sampai kepada konsumen yaitu penjualan pribadi, promosi penjualan,
direct marketing.
gentri satria
gentri satria - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2018
Payakumbuh
17 JULI 2018
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
gentri satria. (2018).BAURAN PEMASARAN PRODUK CABAI RAWIT
(Capsicum frutescens L.) PADA PT. DARTA PANGAN MAJU BERSAMA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd