Detail Cantuman Kembali
BAURAN PEMASARAN BAWANG DAUN DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQ KABUPATEN BANDUNG
Oleh : Sisri Anita
(Di bawah bimbingan Bapak Hidayat Raflis, SP, M.Si)
RINGKASAN
Bawang daun (Allium fistulosum L.) termasuk jenis sayuran semusim
(berumur pendek). Tanaman ini berbentuk rumput atau rumpun dengan tinggi
tanaman mencapai 60 cm atau lebih, tergantung pada varietasnya. Keberhasilan
suatu usaha mencapai tujuan salah satunya dapat diperoleh dari adanya kegiatan
pemasaran. Bauran pemasaran merupakan kombinasi dari variabel-variabel
pemasaran yang diharapkan mampu memberikan kepuasan konsumen dan dapat
digunakan oleh perusahaan untuk meyakinkan konsumen agar membeli
produknya. Variabel dari bauran pemasaran yang dapat digunakan adalah product
(produk), price (harga), place (distribusi), dan promotion (promosi). Adapun
tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bauran
pemasaran bawang daun di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung.
Laporan Tugas Akhir disusun berdasarkan hasil Pengalaman Kerja Praktek
Mahasiswa (PKPM) pada tanggal 19 Februari 2018 sampai dengan 28 April 2018
di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, Kabupaten Bandung. Metode pengumpulan data
yang penulis gunakan dalam menyelesaikan tugas akhir ini yaitu wawancara
dengan pihak pemilik pesantren dan karyawan mengenai gambaran umum
perusahaan dan gambaran umum kegiatan usaha agribisnis, observasi terhadap
tanaman bawang daun, studi pustaka mengenai tanaman bawang daun serta topik
yang diangkat yaitu bauran pemasaran, dan dokumentasi.
Pondok Pesantren Al-Ittifaq merupakan Pondok Pesantren yang memiliki
usaha yang bergerak di bidang agribisnis dengan komoditas unggulan sayuran
dataran tinggi, dengan jenis komoditas yang memiliki permintaan tertinggi adalah
bawang daun. Dalam memasarkan produk bawang daun, Pondok Pesantren Al-
Ittifaq telah menerapkan bauran pemasaran, yaitu bauran produk dengan
menerapkan kualitas, ciri, kemasan dan ukuran produk. Dalam menentukan harga
jual digunakan metode cost plus pricing yang mempertimbangkan biaya produksi
ditambah keuntungan yang diharapkan disamping tetap mempertimbangkan harga
pasar yang berlaku. Pemasaran produk dilakukan secara langsung maupun tidak
langsung dengan melakukan promosi menggunakan metode direct marketing yang
memanfaatkan media sosial, dan promosi penjualan menggunakan potongan.
sisri anita
SISRI ANITA - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2018
Payakumbuh
31 mei 2018
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SISRI ANITA. (2018).BAURAN PEMASARAN BAWANG DAUN DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQ KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd