Dahliana; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BUAH NANAS DI UNIT BISNIS UMKM P4S KUALANAMU


Keripik nanas salah satu dari olahan buah nanas yang cukup digemari para
pecinta makanan sehat. Makanan ringan ini dibuat langsung dari buah nanas yang
sudah cukup matang. Usaha keripik buah nanas ini menjadi salah satu usaha yang
mengutungkan dengan memanfaatkan buah nanas segar menjadi makanan ringan
ini memang sangat bagus untuk prospek pertumbuhannya. Selama ini yang
menjadi kendala dalam pemasaran keripik buah nanas yang berada di UMKM
P4S Kualanamu adalah cakupan wilayah pemasarannya yang belum luas yaitu
hanya memiliki satu outlet atau tempat pemasaran produk yaitu di kios Dodol Lily
MYG sehingga belum banyak konsumen mengetahui dan bisa menikmati produk
keripik buah nanas hal ini berkaitan dengan kegiatan segmentation, positioning,
dan tergeting (STP) dan kegiatan bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu product,
price, promotion, dan place yang berada di UMKM P4S Kualanamu, sehingga
dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran keripik buah nanas yang berada di
UMKM P4S Kualanamu. Agar mampu bersaing di pasaran dan mampu mengatasi
kendala-kendala yang mungkin akan terjadi dalam memasarkan keripik buah
nanas, maka UMKM P4S memerlukan sebuah strategi pemasaran dapat
dirumuskan melalui suatu analisis yang biasa digunakan dalam merancang suatu
strategi pemasaran yaitu analisis SWOT. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1.
Melakukan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal UMKM P4S,
Kualanamu, 2. Menentukan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk
diterapkan oleh UMKM P4S Kualanamu dalam memasarkan produk keripik buah
nanas. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan
Swalayan (P4S), Kualanamu di Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa,
Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan
selama 60 hari mulai dari tanggal 18 Februari sampai 19 April 2018. Penelitian
menggunakan data primer dan data sekunder yang diolah secara deskriptif
kualitatif.
Pemasaran keripik buah nanas menggunakan pendekatan unsur pemasaran
yang terdiri dari unsur pemasaran (segmentation, targeting, dan positioning), dan
bauran pemasaran yaitu product (produk), price (harga), place (tempat),
promotion (promosi). Faktor internal dan faktor eksternal yang berada di unit
bisnis usaha keripik buah nanas terdiri dari dari faktor internal dan eksternal,
pada faktor internal memiliki 6 faktor kunci kekuatan dan untuk kelamahan
memiliki 7 faktor kunci, kemudian pada faktor eksternal memiliki peluang 4
faktor kunci dan ancaman 5 faktor kunci. Dari hasil analisis SWOT yang
dilakukan menghasilkan 5 alternatif strategi pemasaran yang dapat dipilih oleh
UMKM P4S.
Dahliana
Dahliana - Personal Name
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2018
payakumbuah
12 Juli 2018
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dahliana. (2018).STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BUAH NANAS DI UNIT BISNIS UMKM P4S KUALANAMU.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd