KURNIA ARDI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STRATEGI PEMASARAN BIBIT TANAMAN CENGKEH DI USAHA PEMBIBITAN TANI LESTARI SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR


Pembibitan merupakan langkah awal yang harus diperhatikan bagi para
petani untuk melakukan kegiatan budidaya supaya keberhasilan dari budidaya
tersebut bisa maksimal. Pembibitan ini bisa dilakukan secara perorangan,
kelompok tani, dan bekerjasama dengan pihak pemerintah maupun pihak swasta.
Pihak swasta sendiri dapat ikut berperan dalam penyediaan bibit dan benih yang
dibutuhkan untuk meningkatkan hasil dari budidaya petani. Selain untuk
membantu pemerintah, hal ini juga akan menumbuhkan industri pembibitan dan
pembenihan tanaman kehutanan yang berkelanjutan. Strategi pemasaran
mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan
umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya, disamping itu strategi
pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan
perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Tujuan dalam penelitian
adalah: (1) Mengidentifikasi faktor-faktor
internal dan eksternal yang
mempengaruhi pemasaran bibit tanaman cengkeh di usaha pembibitan Tani
Lestari Sungai Tarab (2) Mengetahui strategi pemasaran bibit tanaman cengkeh
yang dapat diterapkan di usaha pembibitan Tani Lestari Sungai Tarab.
Kegiatan pelaksanaan tugas akhir ini dilaksanakan selama 2 bulan yang
dimulai dari tanggal 27 Februari sampai 27 April 2017 di Usaha Pembibitan Tani
Lestari, Sungai Tarab. Tanah Datar. Pengambilan data ini dilakukan dengan
memberikan kuesioner kepada pemilik usaha dan konsumen.
Strategi pemasaran yang dilakukan di usaha pembibitan tani lestari mulai
dari mengenal lingkungan internal dan eksternal, pasar yang dituju dan
pemasaran. Strategi pemasaran di Usaha Pembibitan Tani Lestari dengan cara
mengantar langsung kepada konsumen, konsumen langsung yang datang dan
pengenalan kepada masyarakat oleh Dinas Pertanian Setempat.
Hasil identifikasi faktor internal berupa 6 buah kekuatan dan 5
kelemahannya. Dari hasil identifikasi faktor eksternal terdapat 5 peluang dan 5
ancaman. Berdasarkan diagram analisis SWOT, strategi yang cocok digunakan di
usaha pembibitan Tani Lestari dengan strategi S-O yaitu : meningkatkan
hubungan kerjasama dengan usaha pembibitan sekitar; memperluas pangsa pasar;
memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan mempertahankan harga
produk yang bersaing.
Kata Kunci: pembibitan, strategi pemasaran
KURNIA ARDI
KURNIA ARDI - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2018
Payakumbuh
11 Agustus 2017
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
KURNIA ARDI. (2018).STRATEGI PEMASARAN BIBIT TANAMAN CENGKEH DI USAHA PEMBIBITAN TANI LESTARI SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd