Detail Cantuman Kembali
ANALISA STRATEGI PEMASARAN HASIL PENGGEMUKAN SAPI SIMENTAL PADA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW)
Sapi sebagai hewan ternak tidak dapat diketahui secara pasti kapan mulai ditemukan. Mesir, Mesopotamia dan India telah mulai beternak sapi sejak 8000 tahun SM, namun di daerah Eropa dan Cina disinyalir ada sejak tahun 6000 SM. Usaha penggemukan sapi akhir-akhir ini semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat maupun perusahaan yang mengusahakan penggemukan sapi. Penggemukan sapi dapat dilakukan secara perorangan maupun secara perusahaan dalam skala usaha besar.
Kurangnya pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pemeliharaan sapi dan sistem pemasaran yang dilakukan oleh mahasiswa pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), menyebabkan kerugian yang cukup besar. Perlunya pengetahuan strategi pemasaran dalam penjualan sapi dapat meningkatkan pendapatan pengusaha sapi pada program ini. Dengan berkembangnya ilmu pemasaran, pengusaha akan lebih mudah dalam mengetahui faktor internal maupun farktor eksternal yang berhubungan erat dengan perkembangan perusahaan. Dalam dunia pemasaran sekarang ini juga pengusaha harus menerapkan bauran pemasaran yang tepat agar dapat menguasai pasar yang ada. Perumusan strategi pemasaran akan dapat direkomendasikan pada perusahaan Corpulent Bull agar tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.
Corpulent Bull merupakan perusahaan yang bergerak dibidang peternakan sapi yang berdiri sejak tahun 2009. Perusahaan ini merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan antara mahasiswa dengan instansi pendidikan yakni Politeknik Pertanian Universitas Andalas di bawah pengawasan tim ETU (Entrepreneurship Training Unit). Untuk meningkatkan jiwa berwirausaha, mahasiswa juga dibimbing dengan melaksanakan kegiatan magang di perusahaan PT. LBS Sawah Lunto, yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dibidang peternakan secara langsung.
Sebelum penerapan sistem pemasaran dengan penjualan sapi pada standar harga per kg hidup, perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar. Jika dilihat dari segi teknis, perusahaan dapat meningkatkan berat badan sapi sebesar168 kg dalam satu periode. Namun harga jual ditingkat pedagang perantara yang cukup rendah, mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian.
Kerugian yang dialami sebelum pengembangan bisnis adalah sebesar Rp.7.232.326 sedangkan keuntungan yang akan diperoleh setelah pengembangan bisnis adalah sebesar Rp. 6.677.154. Dengan penerapan pemasaran pada standar harga per kg hidup maka perusahaan diharapkan dapat dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.
STELLING FASIOLO RAJAGUKGUK
STELLING FASIOLO RAJAGUKGUK - Personal Name
Laporan Tugas Akhir
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2010
Payakumbuh
25 Agustus 2010
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
STELLING FASIOLO RAJAGUKGUK. (2010).ANALISA STRATEGI PEMASARAN HASIL PENGGEMUKAN SAPI SIMENTAL PADA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd