Detail Cantuman Kembali
USAHA OISHI (ONDE-ONDE SIRSAK)
USAHA OISHI ( Onde-Onde Sirsak )
Wega Thursdayana A
(Dibawah Bimbingan Nofrianil, S.P, M.Si)
RINGKASAN
Klepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Pengembangan produk klepon dengan penambahan buah sirsak pada bahan bakunya. Strategi pemasaran dari klepon sirsak menggunakan bauran pemasaran 4P terdiri dari product, price, place, promotion. Strategi produk klepon sirsak menambah sirsak dalam bahan baku. Strategi harga terfokus pada saluran distribusinya, saluran pemasaran langsung menetapkan harga Rp1.000 dan tidak langsung Rp 800,-. Strategi tempat pendistribusian yaitu di Politani dan warung sekitar tempat produksi. Strategi promosi produk klepon sirsak ini menggunakan periklanan melalui media sosial seperti : whatsapp, facebook dan instagram. Usaha klepon sirsak ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Februari sampai April dengan jumlah produksi sebanyak 51 kali produksi. Analisa kelayakan usaha terdiri dari profitability ratio, R/C ratio, break event point (BEP). R/C rationya 1,24 artinya setiap pengeluaran biaya sebesar Rp 1 yang dikeluarkan maka diperoleh pendapatan Rp 1,24 dengan keuntungan sebesar 24%, maka usaha ini layak diusahakan. BEP harganya Rp 663/bungkus, jadi ketika harga jual Rp 900/bungkus telah berada diatas titik impas. Sedangkan BEP produksinya 4.148 bungkus, jadi ketika produksi 5.629 bungkus maka produksi sudah diatas titik impas. Profitability ratio terdiri dari profit margin, return on equity, return on assetes,dan total assets turnover. Semakin tinggi persentase PM, ROA, ROE menunjukkan efektif dan efisiennya modal perusahaan menghasilkan laba. Semakin tinggi nilai TATO maka akan semakin baik, artinya perusahaan mampu menghasilkan perputaran aset yang dimiliki menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Dan penjualan yang tinggi akan berdampak pada tercukupinya kas perusahaan dan laba bersih yang semakin tinggi.
Kata kunci : onde-onde, sirsak, strategi pemasaran
THURSDAYANA A, WEGA
WEGA THURSDAYANA A - Personal Name
Proyek Usaha Mandiri
POLITEKNIK PERTANAIAN NEER PAYAKUMBUH
2019
Payakumbuh
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
WEGA THURSDAYANA A. (2019).USAHA OISHI (ONDE-ONDE SIRSAK).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd