Detail Cantuman Kembali
USAHA PRODUKSI JAGUNG MANIS DAN PENGOLAHAN HA_CHI CORN STICK DALAM STRATEGI PEMASARAN
Tingginya produksi jagung manis di Kabupaten Lima Puluh Kota disebabkan karena jagung manis merupakan varietas baru sehingga banyak petani yang ingin mencoba untuk membudidayakannya. Produk stik jagung ini sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan akan makanan ringan yang sehat karena kebutuhan konsumen yang semakin sadar dengan kesehatan dan sedang meluangkan perhatian yang banyak tentang jenis-jenis produk yang alami. Peluang usaha ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiwa untuk menambah pendapatan dan bisa meringankan beban studi yang semakin hari semakin meningkat.
Usaha Ha_Chi Corn Stick pada Proyek Wirausaha Mahasiswa dimulai dari bulan februari sampai April 2019 dengan 1 kali periode produksi. Proses dimulai dari pengolahan lahan, pemupukan dasar, penanaman, penyulaman, pemeliharaan, panen, pascapanen, pengolahan dan pemasaran
Strategi pemasaran produk berdasarkan STP (Segmentation Targeting Positioning) produk dan bauran pemasaran (marketing mix). Segmentasi pasar yang dipakai adalah segmentasi pasar demografi yaitu dilihat usia konsumen. Bauran pemasaran menggunakan desain merk dan kemasan yang menarik, serta dijual dengan berbagai ukuran yaitu kemasan instan snack dan family size, pemasaran produk langsung kepada konsumen yaitu lingkungan masyarakat di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota dan pemasaran tidak langsung melalui reseller. Usaha ini banyak disukai oleh konsumen dari anak-anak hingga orang dewasa. Usaha ini di produksi sebanyak 2 kg jagung mentah yang dilakukan sebanyak 1 kali periode produksi selama PWM dengan pendapatan sebesar Rp647.500, keuntungan sebesar Rp278.276, BEP produksi 105,49 kg dan R/C ratio sebesar 1,75.
TRIA
TRIA WIDYA NINGSIH - Personal Name
NONE
Proyek Usaha Mandiri
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2019
Payakumbuh
24 SEPTEMBER 2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
TRIA WIDYA NINGSIH. (2019).USAHA PRODUKSI JAGUNG MANIS DAN PENGOLAHAN HA_CHI CORN STICK DALAM STRATEGI PEMASARAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd