Detail Cantuman Kembali
USAHA BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium cepa var ascalonicum) DENGAN SISTEM PEMASARAN DIRECT PROMOTION DAN ONLINE MARKETING
Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum) adalah salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, namun kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis. Rata-rata peningkatan produksi bawang merah di Indonesia selama lima tahun terakhir sebesar 4,85 persen per tahun. Pada tahun 2017 produksi bawang merah di Sumatera Barat mencapai 95.409 ton dengan luas panen 8.945 Ha. Bawang merah segar akan dipasarkan langsung ke konsumen maupun ke pedagang pengepul dengan cara direct promotion dan online marketing. Dimana direct promotion adalah metode pemasaran yang secara langsung mempromosikan bawang merah segar kepada konsumen. Sedangkan online marketing yaitu dengan cara mempromosikan produk melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp. Pada lokasi usaha budidaya bawang merah dilaksanakan di Kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota dan untuk lokasi pemasaran bawang merah segar dilaksanakan di daerah Payakumbuh dan sekitarnya.
R/C Ratio 1,08 yang artinya Rp. 1 biaya yang dikeluarkan akan mendapatkan keuntungan Rp. 08. Profit Margin sebesar 11 %. ROA dan ROE 10 %, TATO 0,73 %. Pada BEP Harga bawang merah untuk harga 1 kg berharga senilai Rp. 25.592. Sedangkan untuk BEP Produksi yaitu 38 kg.
Kata kunci : bawang merah, direct promotion, dan online marketing.
REFSYA, SAUCI RAHMA
Sauci Rahma Refsya - Personal Name
Proyek Usaha Mandiri
Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
2019
Payakumbuh
5 Agustus 2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Sauci Rahma Refsya. (2019).USAHA BUDIDAYA BAWANG MERAH (Allium cepa var ascalonicum) DENGAN SISTEM PEMASARAN DIRECT PROMOTION DAN ONLINE MARKETING.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd