Mita Arianti NBP. 0911313010; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERENCANAAN DAN REALISASI PEMASARAN BENIH PADI NON HIBRIDA PADA PT SANG HYANG SERI (PERSERO) CABANG LUBUK ALUNG SUMATERA BARAT


Benih memegang peranan yang sangat penting dalam budidaya pertanian, sehingga kondisi perbenihan mencerminkan kemajuan pertanian dalam suatu negara. Benih padi yang bersertifikat telah melalui berbagai proses dari sejak penyiapan lahan, pengolahan lahan, penyediaan benih yang bermutu, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen serta penyimpanan dilakukan dengan sebaik mungkin, sehingga diperoleh benih yang baik. Dalam rangka menunjang peningkatan produksi pangan dalam penyediaan benih yang berkualitas maka pemerintah menunjuk PT. Sang Hyang Seri (Persero), untuk memproduksi dan menyalurkan benih yang bersertifikat kepada petani. Dalam melaksanakan operasionalnya perusahaan harus mempunyai tujuan dan sasaran dalam memasarkan produk, salah satunya adalah rencana dan realisasi pemasaran produk. Dalam memasarkan produk, realisasi pemasaran bisa berbeda dengan rencana pemasaran benih yang telah diprogramkan, sehingga pihak manajemen harus membuat perencanaan yang matang. Perencanaan pemasaran yang dilakukan pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) cabang Lubuk Alung tidak sesuai dengan realisasi pemasarannya.rnPenelitian ini dilaksanakan pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) cabang Lubuk Alung Sumatera Barat, mulai pada tanggal 25 Maret sampai 10 Mei 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan realisasi pemasaran benih padi non hibrida di PT Sang Hyang Seri (Persero) Lubuk Alung, dan mengetahui permasalahan dalam memasarkan benih padi non hibrida. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. sampel pada penelitian ini berjumlah 36 sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Model analisis data yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan software SPSS Versi 20.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa tonase rencana dan realisasi pemasaran benih padi non hibrida tidak signifikan/berbeda tidak nyata, kemudian rencana dan realisasi harga pemasaran berpengaruh signifikan/berbeda nyata. Permasalahan pemasaran benih padi non hibrida disebabkan beberapa masalah ,masalah tersebut adalah: kesinambungan produksi, rendahnya kualitas produksi, kurang memadainya pasar, promosi yang dilakukan kurang memadai, dari segi produk, kurang tersedianya informasi pasar. Akibat masalah perusahaan tersebut adalah: kesempatan perusahaan untuk memproduksi benih dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan tidak tercapai, sasaran perusahaan untuk memasyarakatkan benih berkualitas tinggi kepada petani tidak tercapai dan hasil produksi petani tidak bisa tinggi sesuai dengan harapan pemerintah.
NONE
Laporan Tugas Akhir
Indonesia
2013
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Mita Arianti NBP. 0911313010. (2013).ANALISIS PERENCANAAN DAN REALISASI PEMASARAN BENIH PADI NON HIBRIDA PADA PT SANG HYANG SERI (PERSERO) CABANG LUBUK ALUNG SUMATERA BARAT.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd