Detail Cantuman Kembali
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHArnSTUDI KASUS PT. SAYURAN SIAP SAJI rnDI KECAMATAN MEGAMENDUNG BOGOR
NOVI SAEVIA HIDAYANTI. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Studi Kasus PT. Sayuran Siap Saji Di Kecamatan Megamendung Bogor. Dibimbing oleh NELSON ELITA dan DARNETTI.rnrnrnSayuran merupakan komoditas penting dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Komoditas ini memiliki keragaman yang luas dan berperan sebagai sumber karbohidrat, protein nabati, vitamin, dan mineral yang bernilai ekonomi tinggi sehingga sangat potensial untuk dikembangkan secara komersial karena permintaan pasar masih tinggi dan terus berkembang. Studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, dan merumuskan strategi pengembangan usaha dari hasil analisis internal dan eksternal perusahaan tersebut.rnrnStudi kasus dilakukan pada PT. Sayuran Siap Saji yang berlokasi di Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor dimulai tanggal 01 April 2013 sampai 17 Mei 2013. Data yang digunakan mencakup data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk merumuskan matriks IFE (Internal Faktor Evaluation), EFE (External Faktor Evaluation), IE (Internal External), dan matriks SWOT (Strongthness, Weakness, Opportunities, Threats). Tahap pengambilan keputusan dilakukan dengan analisis kuantitatif menggunakan QSPM. rnrnHasil analisis matriks IFE diketahui total nilai skor adalah 2,94 yang berarti kondisi internal perusahaan berada diatas kondisi rata-rata. Hasil analisis matriks EFE diketahui total nilai skor adalah 2,87 yang berarti perusahaan dapat merespon peluang dengan baik untuk menghadapi ancaman. Hasil analisis matriks IE menunjukkan perusahaan berada pada kuadran V yaitu posisi pelihara dan pertahankan. Strategi yang dapat digunakan perusahaan adalah strategi intensif yang terdiri dari pengembangan produk, penetrasi pasar, dan perkembangan pasar.rnrnHasil analisis matriks SWOT dirumuskan lima belas alternatif strategi yang kemudian diprioritaskan dengan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pengambilan keputusan melalui QSPM mendapatkan empat strategi utama yaitu 1) optimalisasi produksi pengemasan sayuran siap saji dan produk lainnya dengan nila TAS 4,90, 2) melakukan pemasaran produk ke luar daerah Jabodetabek dengan nilai TAS 4,56, 3) meningkatkan kegiatan promosi dengan nilai TAS 4,10 dan 4) menjaga dan meningkatkan kualitas produk dengan nilai TAS 4,09.rn
NOVI SAEVIA HIDAYANTI NBP. 0911313020 - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Indonesia
2013
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NOVI SAEVIA HIDAYANTI NBP. 0911313020. (2013).ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHArnSTUDI KASUS PT. SAYURAN SIAP SAJI rnDI KECAMATAN MEGAMENDUNG BOGOR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd