Detail Cantuman Kembali
STRATEGI PEMASARAN KERIPIK KENTANG DUO KERINCI DENGAN SISTEM ONLINE DAN KEMITRAAN
rnKentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu umbi-umbian yangrnbanyak digunakan sebagai sumber karbohidrat atau makanan pokok bagirnmasyarakat dunia setelah gandum, jagung, dan beras. Keripik kentang salah saturnproduk pengolahan kentang. Salah satu strategi pemasaran yang cocok untukrnproduk keripik kentang yaitu dengan menggunakan sistem online dan kemitraan.rnPengguna situs jejaring sosial di Indonesia sebanyak 88,1 jiwa menurut datarnIndonesia Contact Center Association pada tahun 2014. Kemitraan adalah suaturnkerja sama formal antara individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasiorganisasirnrnuntuk mencapai suatu tugas atau tujuan tertentu. Adapun tujuan darirnpenulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanarnpenerapan strategi pemasaran dengan sistem online dan kemitraan pada keripikrnkentang Duo Kerinci. Serta Menghitung pendapatan pada usaha keripik kentangrnDuo Kerinci. Laporan Tugas Akhir ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaanrnPengalaman Kerja Praktek Mahasiswa (PKPM) di usaha PMW Duo Kerincirnbertempat di Tanjung Pati Km 7, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.rnKegiatan Pengalaman Kerja Praktek Mahasiswa dilakukan secara berkala dimulairnpada tanggal 30 Maret – 8 Juni 2015. Penulisan Laporan Tugas Akhir inirnmencangkup seluruh kegiatan yang ada dilapangan, dari kegiatan Produksi sampairnkepada kegiatan pemasaran keripik kentang Duo Kerinci. Usaha yang dijalankanrnialah jenis usaha perorangan yang dijalankan dan dikelola oleh satu orang, yangrnseluruh kegiatannya dibiayai oleh dana pinjaman melalui kegiatan PMWrn(Program Mahasiswa Kewirausahaan) yang nantinya dana pinjaman tersebut akanrndikembalikan seluruhnya tanpa adanya bunga pinjaman. Usaha ini bergerakrndibidang pengolahan yakni pengolahan kentang menjadi keripik kentang. Produkrnyang diproduksi merupakan produk yang memiliki perbedaan dengan produk yangrnada dipasaran. Maka ditetapkan harga jual seharga Rp 10.000/bungkus yang dijualrnsecara online dan Rp 8.000/bungkus melalui mitra, dengan masing-masing beratrn100gram/bungkus. Saluran distribusi keripik kentang manggunakan saluranrnlangsung dan tidak lansung. Personal selling juga bertujuan membujuk konsumenrnuntuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, denganrnmenggunakan media internet yakni jejaring sosial seperti facebook, instagram danrntwiter. Serta aplikasi mesenger seperti BBM dan Watshap. Strategi pemasaranrnkeripik kentang Duo Kerinci dengan menggunakan BBM sudah tepat denganrnpenjualan 400 bungkus selama 10 minggu, yakni 47,7% dari total penjualanrnkeripik kentang. Presentase penjualan dengan BBM lebih tinggi dibandingkanrndengan presentase penjualan Facebook 23,8%, Instagram 7%, Whatsapp 2,4%,rnTwitter 0% dan kemitraan 19,1%. Pendapatan yang di peroleh sebesar Rprn8.400.000, dengan laba sebesar Rp 2.246.816 dan R/C ratio yang diperoleh adalahrn1,37. Berdasarkan R/C ratio usaha ini layak untuk di jalankan. rnKey word : Keripik, Online, Kemitraan
DENI IRAWAN NBP. 1201363037 - Personal Name
NONE
Laporan Tugas Akhir
Indonesia
2015
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DENI IRAWAN NBP. 1201363037. (2015).STRATEGI PEMASARAN KERIPIK KENTANG DUO KERINCI DENGAN SISTEM ONLINE DAN KEMITRAAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd